PENGARUH PEMASANGAN GRASS BLOCK DENGAN PENGISI RUMPUT TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN PADA TANAH PASIR DAN LEMPUNG BERPASIR

GUSSARI GITA DEWANA GDE, L. (2020) PENGARUH PEMASANGAN GRASS BLOCK DENGAN PENGISI RUMPUT TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN PADA TANAH PASIR DAN LEMPUNG BERPASIR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi L. Gussari Gita D. G.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan sebuah kota memicu pembangunan kawasan aktivitas sehari-hari, dimana lahan terbuka menjadi lapisan aspal dan beton pada jalan. Air hujan kemudian mengalir ke permukaan tanah tanpa adanya proses penyerapan membuat aliran permukaan menjadi berlebih dan menyebabkan genangan. Solusi penyelesaian masalah genangan tersebut dengan cara mempercepat resapan air hujan kedalam tanah, yaitu mengganti dengan tutupan lahan yang berpori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasangan grass block dengan pengisi rumput pada jenis tanah pasir dan lempung berpasir terhadap besarnya nilai koefisien limpasan permukaan (C). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat rainfall simulator. Penelitian ini menggunakan grass block berbentuk segi enam ukuran 20 x 10 x 8 cm dengan pengisi rumput alam (Cyperus Rotundes L.) dan rumput jepang (Zoysia Japonica) pada dua jenis tanah yang berbeda yaitu tanah pasir dan lempung berpasir dengan kondisi tidak jenuh. Pengukuran yang dilakukan yaitu pengukuran intensitas hujan, volume limpasan, dan koefisien limpasan permukaan (C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasangan grass block dengan pengisi rumput pada jenis tanah pasir dan lempung berpasir dengan kondisi tidak jenuh memberikan pengaruh terhadap nilai koefisien limpasan permukaan. Pada tanah lempung berpasir tanpa tutupan nilai koefisien limpasan permukaan yang dihasilkan berkisar 0,09 – 0,15, penggunaan grass block rumput alam (Cyperus Rotundes L.) pada tanah lempung berpasir memiliki koefisien limpasan tertinggi dengan nilai berkisar 0,32 – 0,40 , grass block rumput jepang (Zoysia Japonica) pada tanah lempung berpasir berkisar 0,30 – 0,39, grass block rumput alam (Cyperus Rotundes L.) pada tanah pasir nilai koefisien limpasan permukaan yang dihasilkan berkisar 0,13 – 0,21, dan grass block rumput jepang (Zoysia Japonica) pada tanah pasir memiliki nilai koefisien limpasan permukaan berkisar 0,12 – 0,20, tanah pasir tanpa tutupan memiliki nilai koefisien limpasan paling kecil dengan nilai yang dihasilkan berkisar 0,04 – 0,07.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Grass Block, Rumput Alam, Rumput Jepang, Intensitas Hujan, Volume Limpasan, Koefisien Limpasan (C).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:16
Last Modified: 13 Aug 2020 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16605

Actions (login required)

View Item View Item