STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU STRUKTUR BALOK- KOLOM BAJA RINGAN DENGAN VARIASI SAMBUNGAN DAN PENAMBAHAN BREISING

AZZUHRI, HASAN RANGKUTI (2020) STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU STRUKTUR BALOK- KOLOM BAJA RINGAN DENGAN VARIASI SAMBUNGAN DAN PENAMBAHAN BREISING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI F1A013030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Baja merupakan salah satu alternatif bahan bangunan yang banyak digunakan didalam konstruksi. Pemakaian baja sebagai bahan bangunan utama mempunyai beberapa kelebihan,yaitu keseragaman bahan,kestabilan dimensionalnya,kemudahan pembuatan dan cepat pelaksanaanya. Selama ini baja profil yang sering digunakan untuk bangunan seperti balok,kolom dan gelagar jembatan adalah profil WF (wide flange). Pada penelitian ini dicoba membuat balo-kolom menggunakan baja profil C yang selama ini hanya digunakan untuk keperluan konstruksi ringan seperti gording dan rangka atap. Penelitian ini menggunakan profil kanal C sebagai balok-kolom dengan diberi beberapa variasi sambungan. Panjang balok profil C adalah 120 cm dan panjang kolom 104 cm. Dimensi profil kanal yang digunakan dengan tinggi (h) 75 mm,lebar (b) 35 mm,lebar sayap (a) 10 mm dan tebal (t) 0,75 mm. Benda uji balok-kolom profil kanal C dibuat sebanyak 8 buah dengan dengan variasi sambungan yaitu sambung sekrup 2 buah,sambungan sekrup ditambah lem 2 buah,sambungan sekrup dan pengaku 2 buah,sambungan sekrup dan pengaku ditambah lem 2 buah. Balok-kolom profil kanal C tersebut ditinjau kekuatan menahan beban eksentris dengan jarak 15 cm dari kolom. Pembacaan lendutan hingga profil tersebut mengalami beban maksimum dengan 2 dial pada kolom dan balok. Hasil penelitian pada balok-kolom baja profil kanal C menunjukkan variasi sambungan 1(sekrup) mampu menahan beban maksimum 27,24 kg,variasi sambungan 2 (sekrup+lem) mampu menahan beban maksimum sebesar 36,32 kg,variasi sambungan 3 (sekrup+pengaku) mampu menahan beban maksimum sebesar 40,86 kg,sedangkan pada variasi 4 (sekrup+pengaku+lem) mampu menahan beban maksimum sebesar 49,94 kg. Defleksi maksimum terjadi pada variasi sambungan 1 yaitu sebesar 25 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Balok,kolom,kanal C,beban aksial,variasi sambungan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:16
Last Modified: 13 Aug 2020 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16611

Actions (login required)

View Item View Item