ANALISIS NILAI TUKAR PETANI PADA USAHATANI HORTIKULTURA DI KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA (KASUS PETANI BINAAN IFSCA)

Novila, Alta Bening (2020) ANALISIS NILAI TUKAR PETANI PADA USAHATANI HORTIKULTURA DI KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA (KASUS PETANI BINAAN IFSCA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Novila Alta Bening_ANALISIS NILAI TUKAR PETANI PADA USAHATANI HORTIKULTURA DI KECAMATAN KAYANGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Nilai Tukar Petani pada usahatani hortikultura di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara; (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Petani pada Usahatani Hortikultura di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang dilakukan di Kabupaten Lombok Utara yaitu di Kecamatan Kayangan tepatnya di Desa Pendua, Desa Kayangan, Desa Sesait, Desa Gumantar dan Desa Selengen yang ditetapkan secara “purposive sampling”. Dalam penelitian ini jumlah responden ditentukan secara “quota sampling” dengan jumlah responden sebanyak 45 orang petani dan untuk penentuan responden secara “random sampling” yaitu didapatkan 8 petani di Desa Pendua, 13 petani di Desa Kayangan, 7 petani di Desa Sesait, 9 petani di Desa Gumantar dan 8 Petani di Desa Selengen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Indeks harga yang diterima petani pada usahatani hortikultura di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara yaitu 142% sedangkan untuk nilai indeks harga yang dibayarkan petani hortikultura di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara yaitu 105%. Sehingga didapatkan nilai tukar petani pada usahatani hortikultura di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara yaitu 136%. (2) Kendala yang dihadapi petani pada usahatani hortikultura di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara yaitu modal, harga, cuaca dan hama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :nilai tukar petani, indeks harga yang diterima, indeks harga yang dibayar, petani hortikultura.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:16
Last Modified: 13 Aug 2020 01:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16614

Actions (login required)

View Item View Item