KEBERADAAN KUTU KEBUL (Bemisia tabaci) SEBAGAI VEKTOR PENULAR VIRUS DAUN KERITING KUNING (Begomovirus) PADA TANAMAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris) DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Tri, Dasmayanti Putri (2020) KEBERADAAN KUTU KEBUL (Bemisia tabaci) SEBAGAI VEKTOR PENULAR VIRUS DAUN KERITING KUNING (Begomovirus) PADA TANAMAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris) DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRI DASMAYANTI PUTRI (C1M016177).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keberadaan Kutu Kebul (Bemisia tabaci) dan Potensinya sebagai Serangga Vektor Penular Penyakit Virus Daun Keriting Kuning (Begomovirus) serta Intensitas Penyakit yang Ditimbulkannya di Areal Pertanaman Semangka (Citrullus vulgaris) di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November sampai bulan Desember 2019 di lahan pertanian milik petani yang berada di 3 (tiga) lokasi yang berbeda yakni di Desa Gapura, Desa Kawo, dan Desa Segala Anyar, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan yakni metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara langsung di lapangan pada sejumlah titik pengamatan. Penentuan tanaman sampel dibagi menjadi 15 titik sampel pengamatan dengan 3 lokasi yang berbeda, pada 1 titik pengamatan terdapat 5 unit pengamatan, sehingga pada 3 lokasi perlakuan yang berbeda terdapat 15 unit pengamatan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Pengamatan Penyakit, Populasi Kutu Kebul (Bemisia tabaci), dan Intensitas Penyakit Daun Keriting Kuning (Begomovirus). Pengamatan dilakukan sebanyak 4 kali dengan rentang waktu 7 hari sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kutu kebul dapat berperan sebagai vektor penular virus daun keriting kuning pada semangka. Rata-rata populasi kutu kebul yang ditemukan di 3 lokasi pengamatan yang berbeda yakni di Desa Gapura sebesar 55,15 ekor, Desa Segala Anyar sebesar 53,175 ekor, dan Desa Kawo sebesar 36,8 ekor. Rata-rata intensitas penyakit di Desa Gapura sebesar 73,47%, Desa Segala Anyar sebesar 66,51%, dan Desa Kawo sebesar 49,08%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Tanaman Semangka, Begomovirus, Kutu Kebul
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:15
Last Modified: 13 Aug 2020 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16616

Actions (login required)

View Item View Item