PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN NILAM (Pogostemon cablin Benth.) PADA TINGKAT KEMIRINGAN YANG BERBEDA

MUHAMAD, IRPAN FIKRI (2020) PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN NILAM (Pogostemon cablin Benth.) PADA TINGKAT KEMIRINGAN YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SkripsiFull.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman Nilam (Pogostemon Cablin Benth.) adalah salah satu tanaman dari kelompok tanaman penghasil minyak atsiri yang mempunyai prospek jual dengan harga yang tinggi. Pertumbuhan tanaman nilam yang baik tercermin pada produksi daun yang tinggi, hal tersebut sangat tergantung pada kualitas lahan dengan kriteria kesuburan tanah dan kemiringan lahan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari kemiringan lahan dan dosis pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan tanaman nilam. Penelitian ini dilaksanakan di hutan Resort Jangkok KPH Rinjani Barat Pelangan Tastura dengan menggunakan Rancangan Petak Terbagi (Split Plot Design) dengan faktor utama adalah kemiringan lahan dengan 3 aras yaitu landai (8-15%), agak curam (16-25%), dan curam (26- 40%) dan faktor anakan adalah dosis pupuk kandang sapi dengan 4 aras (0, 300, 600, dan 900 g/lubang tanam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua faktor, baik faktor kemiringan dan dosis pupuk kandang sapi, tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan tanaman nilam. Selain itu, interaksi antara faktor kemiringan dan dosis pupuk kandang sapi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan tanaman nilam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nilam, Kemiringan, Dosis pupuk.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:15
Last Modified: 13 Aug 2020 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16618

Actions (login required)

View Item View Item