ANALISIS RANTAI NILAI TERASI UDANG DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Sania, Sasakania Octovanny Mahmud (2020) ANALISIS RANTAI NILAI TERASI UDANG DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SANIA SASAKANIA O.M_C1G016203_AGRIBISNIS_PERTANIAN_ANALISIS RANTAI NILAI TERASI UDANG DI KECAMATAN JEROWARU KABUP~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kinerja rantai nilai terasi udang di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur (2) Merumuskan strategi peningkatan daya saing usaha terasi udang di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur karena di daerah tersebut terdapat unit usaha terasi udang. Penentuan responden pengolah terasi udang dalam penelitian ini dilakukan secara metode survei dan penetapan jumlah responden dilakukan secara quota sampling dengan menetapkan sebanyak 12 responden atau 40% dari total populasi yang sebanyak 31 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kinerja rantai nilai usaha terasi udang di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur termasuk dalam level sedang dengan skala level/kategori bernilai 3. Artinya kinerja rantai nilai tersebut berada pada kisaran level buruk sampai sedang. Margin persen pada usaha terasi udang di Kecamatan Jerowaru sebesar 30,52% dengan biaya produksi rata – rata sebesar Rp 1.053.719,-/proses produksi atau sebesar Rp 4.214.876,-/Bulan, nilai produksi rata – rata sebesar Rp 1.516.667,-/proses produksi atau sebesar Rp 6.066.668,-/Bulan, dan keuntungan rata – rata sebesar Rp 462.948,-/proses produksi atau Rp 1.851.791,-/Bulan. (2) Strategi peningkatan daya saing usaha pengolahan terasi udang di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur melalui pengurangan biaya dan diferensiasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Rantai Nilai, Terasi Udang, Strategi Peningkatan Daya Saing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:15
Last Modified: 13 Aug 2020 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16621

Actions (login required)

View Item View Item