PENGARUH KOMPOSISI NUTRISI TANAMAN DALAM SISTEM HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Amelia, Diah Pawesti (2020) PENGARUH KOMPOSISI NUTRISI TANAMAN DALAM SISTEM HIDROPONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi nutrisi dari pencampuran pupuk organik cair (POC) dengan nutrisi hidroponik AB Mix terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.). Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2019 sampai dengan Januari 2020 di greenhouse Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor yang diuji yaitu: pertama, konsentrasi larutan AB Mix dengan taraf perlakuan yaitu : A1 (AB Mix 100%), A2 (AB Mix 75%), A3 (AB Mix 50%) dan faktor kedua konsentrasi larutan pupuk organik cair (POC) dengan taraf perlakuan yaitu B1 (POC 0%), B2 (POC 25%), B3 (POC 50%). Tanaman selada ditanam secara hidroponik dengan system sumbu (Wick) menggunakan kain flannel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara perlakuan nutrisi AB Mix dengan pupuk organik cair memberikan pengaruh nyata terhadap parameter pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Pertumbuhan dan hasil terbaik dihasilkan dari perlakuan komposisi nutrisi AB Mix 100% dengan POC 50%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: AB Mix, interaksi, komposisi nutrisi, pupuk organik cair, sistem Wick
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:15
Last Modified: 13 Aug 2020 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16626

Actions (login required)

View Item View Item