STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA MATARAM

HARSANAH, HARSANAH (2020) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENDIDIKAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_HARSANAH_corectedn (Repaired) (Repaired).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kualitas pelayanan publik pada Dinas Pendidikan Kota Mataram. Penelitian ini dilakukan atas dasar masih adanya keluhan masyarakat khususnya tenaga pendidik dan kependidikan terhadap pelayanan administrasi di Dinas Pendidikan Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode Grounded Theory. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi dengan memanfaatkan sumber data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan survei kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik pada Dinas Pendidikan Kota Mataram adalah tidak baik, dengan nilai indeks 2,570 atau mutu pelayanan D, dengan kategori tingkat kualitas pelayanan Tidak Baik. Untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, Dinas Pendidikan Kota Mataram melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan dengan memperpendek prosedur pelayanan melalui strategi Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan publik pada Dinas Pendidikan Kota Mataram yaitu pada aspek keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik (sarana dan prasarana). Dari kelima faktor tersebut, pengaruh peningkatan kualitas didominasi oleh sumber daya pegawai (petugas pelayanan).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi, Kualitas Pelayanan Publik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:14
Last Modified: 13 Aug 2020 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16633

Actions (login required)

View Item View Item