PENGARUH METODE PENGERINGAN DAN SUMBER PEROLEHAN BAHAN BAKU TERHADAP KADAR FLAVONOID TOTAL PADA POLONG BUNCIS (Phaseolus vulgaris L.)

VERA, FITRIANA (2020) PENGARUH METODE PENGERINGAN DAN SUMBER PEROLEHAN BAHAN BAKU TERHADAP KADAR FLAVONOID TOTAL PADA POLONG BUNCIS (Phaseolus vulgaris L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Vera Fitriana K1A016052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mutu buncis sebagai obat herbal dinilai melalui keseragaman kadar bioaktif flavonoid yang dipengaruhi oleh faktor bibit, lingkungan, panen, dan pengolahan pasca panen. Penelitian dengan desain Post Test with Control Group Design ini bertujuan untuk menentukan pengaruh sumber perolehan bahan baku dan metode pengeringan terhadap kadar flavonoid total polong buncis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari Sawah Petani Binaan, Pasar Induk Mandalika, Pasar Induk Jelojok dan Pasar Terara yang kemudian dikeringkan menggunakan matahari, dengan oven, dan tanpa pengeringan (segar). Analisis kadar flavonoid dilakukan secara kolorimetri menggunakan spektrofotometri UV–Vis. Data diolah secara kuantitatif dengan analisis statistik menggunakan SPSS v.25.0 for windows. Kadar flavonoid total yang diperoleh dari simplisia segar (17.25 mg/g ekstrak), pengeringan matahari (58.51 mg/g ekstrak), dan pengeringan oven (48.79 mg/g ekstrak). Kadar flavonoid total yang diperoleh dari simplisia Sawah Petani Binaan (52.54 mg/g ekstrak), Pasar Induk Mandalika (41.69 mg/g ekstrak), Pasar Induk Jelojok (37.19 mg/g ekstrak), dan Pasar Induk Terara (34.64 mg/g ekstrak) masing-masing kadar setara kuersetin. Hasil menunjukkan bahwa simplisia dari Petani Binaan yang dikeringkan dengan matahari menghasilkan kadar flavonoid tertinggi sebesar 71.91 mg/g ekstrak setara kuersetin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: polong buncis (Phaseolus vulgaris L.), flavonoid, metode pengeringan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:14
Last Modified: 13 Aug 2020 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16634

Actions (login required)

View Item View Item