PENGARUH BAHAN AJAR IPA BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MTS. NURUL ISLAM SEKARBELA KOTA MATARAM

MUHAMMAD, FAHRURROZI (2020) PENGARUH BAHAN AJAR IPA BERBASIS SIKLUS BELAJAR 5E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MTS. NURUL ISLAM SEKARBELA KOTA MATARAM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI JADI BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Muhammad Fahrurrozi. 2016. Pengaruh Bahan Ajar IPA Berbasis Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Mts. Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram di bawah bimbingan Prof. Dr. H. A.Wahab Jufri, M.Sc. sebagai pembimbing I dan Dr. H. Agus Ramdani, M.Sc. sebagai pembimbing II. Penelitian ini adalah sebuah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar IPA berbasis siklus belajar 5E terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Sekarbela. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-test Post-Test Control-Group Design yang menggunakan populasi sebanyak 80 peserta didik (VIII A, VIII B , VIII C , dan VIII D). Teknik sampel menggunakan sampling jenuh. Kelas eksperimen dan kontrol ditentukan melalui tehnik random sampling sehingga diperoleh kelas VIII A dan VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B dan VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan instrumen keterampilan berpikir kritis. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar, RPP dan instrumen penelitiannya berada pada kriteria cukup. Instrumen yang sudah divalidasi oleh ahli kemudian diuji kembali validitas dan reliabilitasnya di kelas. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen di kelas menunjukkan bahwa 8 item tes dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data penelitian ini terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini terdistribusi normal dan varian data bersifat homogen. Uji hipotesis dianalisis dengan uji analisis covarians (anacova). Analisis data keterampilan berpikir kritis menunjukkan p<α (0.05), artinya ada pengaruh signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar berbasis siklus belajar 5E. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa bahan ajar berbasis siklus belajar 5E berpengaruh nyata terhadap peningkatan katerampilan berpikir kritis peserta didik di MTs Nurul Islam Sekarbela.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: bahan ajar IPA, model 5E, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:14
Last Modified: 13 Aug 2020 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16636

Actions (login required)

View Item View Item