NILAI-NILAI PANCASILA YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI OGOH-OGOH DI DUSUN PENINJOAN KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Wayan Nita Swastini, Ni (2020) NILAI-NILAI PANCASILA YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI OGOH-OGOH DI DUSUN PENINJOAN KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NITA SWASTINI NILAI-NILAI PANCASILA sdh edit 1234.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Proses pelaksanaan Tradisi Ogoh-ogoh di Dusun Peninjoan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. 2. Bagaimana Nilai-Nilai Pancasila yang terkandung dalam Tradisi Ogoh- ogoh di Dusun Peninjoan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Desktriptif. Penentuan Subyek dan Informan menggunakan teknik Furposif Sampling. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data penelitian ini meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Trianggulasi Sumber, Trianggulasi Teknik Pengumpulan Data, dan Trianggulasi Waktu. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa : (1.) Proses pelaksanaan Tradisi Ogoh-ogoh di Dusun Peninjoan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yang terlihat sangat kompak dalam berbagai kegiatan. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa sisi kegiatan, seperti: (a.) Pembentukan Kepanitiaan pembentuk Ogoh-ogoh, (b.) Penggalangan Dana (c.) Pengadaan Bahan Untuk Membuat Ogoh-Ogoh, (d.) Perancangan Tubuh Ogoh-Ogoh dan Tema Ogoh-ogoh, (e.) Pelaksanaan upacara Pmlaspasan/Penyucian (f.) Pelaksanaan Pawai Ogoh-ogoh, (g.) Pelaksanaan Upacara Pmralina/Peleburan Ogoh-ogoh yang bersamaan dengan upacara Pangrupukan, (i.) Upacara Pembakaran Ogoh-ogoh. (2.) Nilai-Nilai Pancasila yang terkandung dalam Tradisi Ogoh-ogoh di Dusun Peninjoan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Nilai-Nilai Pancasila yang terkandung dalam tradisi Ogoh-ogoh yaitu meliputi Nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilah telah dijadikan sebagai pedoman bagi masyarakat yang ada di Indonesia khususnya pada masyarakat yang ada di Dusun Peninjoan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Tradisi Ogoh-Ogoh dan Nilai-Nilai Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:14
Last Modified: 13 Aug 2020 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16641

Actions (login required)

View Item View Item