PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA JASA FINTECH PEER TO PEER LENDING DI INDONESIA (STUDI KASUS PT VCARD TECHNOLOGY INDONESIA)

IDA, BAGUS ARY SISWANTARA (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA JASA FINTECH PEER TO PEER LENDING DI INDONESIA (STUDI KASUS PT VCARD TECHNOLOGY INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IDA BAGUS ARY SISWANTARA D1A016128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum dan penyelesaian sengketa terhadap nasabah pengguna jasa fintech Peer to Peer Lending di Indonesia (Studi Kasus PT Vcard Technology di Indonesia). Dengan manfaat untuk dijadikan sebagai masukan bagi para pembaca, bagi pihak Akademisi dan pemerintah. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa bahwa perlindungan hukum terhadap nasabah pengguna jasa fintech Peer to Peer Lending di Indonesia yaitu Perlindungan Preventif berupa pengaturan yang jelas dalam peraturan perundang-undangan, pengawasan yang intensif dari otoritas jasa keuangan (OJK) serta teguran dari OJK jika Fintech Peer to peer Lending bermasalah. Sedangkan perlindungan hukum secara Represif berupa pemberian sanksi seperti melakukan penyidikan dan penjatuhkan sanksi administrasi (pencabutan ijin usaha) dan Gugatan Perdata atas dasar perbuatan melawan hukum sebagaimana yang diatur di dalam Pasal 1365 KUH Perdata. Penyelesaian Sengketa Antara Nasabah Pengguna Jasa Fintech Peer To Peer Lending di Indonesia adalah dapat diselesaikan baik secara litigasi dan non litigasi. Penyelesaian sengketa secara litigasi yaitu melibatkan pihak kepolisian dan OJK, sedangkan penyelesian sengketa secara non litigasi yaitu melalui mediasi dan arbritase.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Peer to peer lending, PT Vcard Technology Indonesia , konsumen.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:14
Last Modified: 13 Aug 2020 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16646

Actions (login required)

View Item View Item