PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA SMAN 1 MONTONG GADING TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LIA, FATMAWATI (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA SMAN 1 MONTONG GADING TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIA FATMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan scientific melalui model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Montong Gading tahun pelajaran 2014/2015 pada materi konsep mol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian post-test-only-control-design. Populasi penelitian adalah 61 orang siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik acak dan tepilih siswa X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan penerapan model Probem Based Learning (PBL), dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan penerapan model konvensional (ceramah dan tanya jawab). Data hasil belajar siswa yang diukur berupa data hasil belajar siswa dalam ranah kognitif menggunakan soal obyektif jenis pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 52,50 dengan persentase ketuntasan 3,12%, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 71,49 dengan persentase ketuntasan 44,83 %. Analisis data dengan uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung (-4,68) < ttabel (1,69). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) tidak memberikan pengaruh yang signifkan terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X IPA SMAN 1 Montong Gading tahun pelajaran 2014/2015 pada materi konsep mol.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata - Kata Kunci : pendekatan scientific, model problem based learning, konsep mol, dan hasil belajar kognitif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:41
Last Modified: 18 Aug 2020 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16650

Actions (login required)

View Item View Item