PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI BAWANG PUTIH DI KECAMATAN LAMBITU KABUPATEN BIMA

Anantiyas, Hayatunnufus (2020) PROSPEK PENGEMBANGAN USAHATANI BAWANG PUTIH DI KECAMATAN LAMBITU KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANANTIYAS H..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis prospek pengembangan usahatani bawang putih di Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima ditinjau dari aspek teknis, aspek legal, aspek manajemen, aspek sosial, aspek ekonomi dan aspek pasar serta mengetahui masalah dan hambatan yang dihadapi oleh petani dalam usahatani bawang putih di Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima, sedangkan penentuan daerah sampel ditentukan secara sengaja “Purposive Sampling” atas pertimbangan kedua daerah memiliki areal panen yang terluas dari desa lainnya. Hasil dari penelitian ini yaitu Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan. Berdasarkan (1) aspek teknis usahatani bawang putih sesuai untuk dibudidayakan, (2) aspek legalitas layak untuk diusahakan karna tidak memerlukan surat izin, (3) aspek manajemen layak untuk dikembangkan karena petani telah menerapkan fungsi manajemen, (4) aspek sosial layak untuk dikembangkan karena dari usahatani bawang putih memberi dampak sosial yang positif (5) aspek ekonomi menunjukkan layak dengan pendapatan positif dan nilai R/C Ratio sebesar 4,8 dan (6) aspek pasar usahatani bawang putih layak untuk dikembangkan karena pemasarannya efisien. Masalah dan hambatan yang dihadapi petani yaitu masalah kurangnya penyuluhan dan petani tidak dapat menjual bawang putih dengan harga yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Prospek, Bawang Putih, Aspek-aspek, Teknis, Legal, Manajemen, Sosial, Ekonomi, Pasar
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:42
Last Modified: 18 Aug 2020 04:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16652

Actions (login required)

View Item View Item