PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN PENIMPOH KECAMATAN KOPANG TAHUN AJARAN 2018/2019

SOLATANA, SOLATANA (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN PENIMPOH KECAMATAN KOPANG TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SDN Penimpoh Kecamatan Kopang tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Penimpoh Kecamatan Kopang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, diperoleh siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan metode pembelajaran cooperative script, sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa soal isian berjumlah 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata (post-test) keterampilan menyimak siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative script adalah 82,6. Sedangkan nilai rata-rata (post- test) keterampilan menyimak siswa kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 74,16. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menyimak siswa yang menggunakan metode pembelajaran cooperative script dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data hasil keterampilan menyimak dianalisis menggunakan uji t-test polled varians, diperoleh hasil thitung > ttabel (1,094 > 0,683) pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SDN Penimpoh Kecamatan kopang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Pembelajaran cooperative script,keterampilan menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:42
Last Modified: 18 Aug 2020 04:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16654

Actions (login required)

View Item View Item