EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS KELAS IV GUGUS IV KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019

SRI, RAHMAWATI (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS KELAS IV GUGUS IV KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas teknik pembelajaran problem bases introduktion terhadap aktivitas belajar IPS Kelas IV SDN 20 Cakranegara Kecamatan Cakranegara Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Semu Eksperimental dengan tipe Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitiannya berjumlah 48 peserta didik te, 24 orang peserta didik pada kelas eksperimen dan 24 pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan kuesioner (angket). Berdasarkan hasil post-test nilai rata-rata peserta didik di Kelas Eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil post-test kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 80, dan kelas kontrol 66. Perolehan tersebut semakin diperkuat dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan rumus t-polled varians. Analisis perhitungan diperoleh hasil thitung sebesar 7,838 sedangkan ttabel sebesar 2,410 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa hasil thitung ≥ ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima HO ditolak yang berbunyi “Teknik pembelajan Problem Based Intoduction efektif terhadap aktivitas belajara IPS Kelas IV SDN 20 Cakranegara Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Problem Based Intoduction, Aktivitas Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:42
Last Modified: 18 Aug 2020 04:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16655

Actions (login required)

View Item View Item