KEKERASAN PADA REMAJA DI DALAM PENGGUNAAN FACEBOOK ( Kasus pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Mahmud Lingkungan Aik Ampat Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat )

ZUBAET, ZUBAET (2020) KEKERASAN PADA REMAJA DI DALAM PENGGUNAAN FACEBOOK ( Kasus pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Mahmud Lingkungan Aik Ampat Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi zubaet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tentang kekerasan pada remaja di dalam pengunaan fecebook, kasus pada siswa madrasa aliyah Al-Mahmud Lingkungan Aik Ampat Kecamatan Gerung. Adapaun fenomena yang terjadi seperti interaksi yang dialami penggunaan facebook sampai baku pukul satu sama lain yang terjadi, maka dengan rumusan masalah yang ingin diungkapkan peneliti dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk kekerasan pada remaja di dalam pengunaan facebook dan apa penyebab kekerasan pada remaja di dalam pengunaan facebook, serta bagaimana dampak kekerasan pada remaja di dalam pengunaan facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kekerasan pada remaja di dalam pengunaan facebook, dan untuk mengetahui penyebab kekerasan pada remaja di dalam pengunaan facebook, dan juga ingin untuk mengetahui dampak kekerasan pada remaja didalam pengunaan facebook. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah berupa individu yang melakukan kekerasan dan mengalami dalam tindakann kekerasan melalui media sosial facebook. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kalangan remaja siswa MA Madrasah Aliyah. Tehnik pengumpulan digunakan yaitu teknik data primer wawancara, kuisioner. dan teknik sekunder dokumen, jurnal, buku, artikel. Variabel dan cara pengukuran, bentuk kekerasan di sosial media, penyebab kekerasan, dan dampak kekerasan di facebook. Analisis data digunakan adalah menggunakan software excel dan analisis tabulasi deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam teori cultural lag (ketertinggalan buadaya) terdapat dua perubahan material seperti teknologi yang dikembangkan dan nonmateril seperti kekerasan pada remaja di dalam pengunaan facebook dari hasil yang terjadi oleh remaja, membawa suatu perilaku seperti caci maki, membully, menyebarkan aib, bodyshaming dan memposting foto. Dan facebook membawa suatu penyebab bagi kalangan remaja dilingkungan Madrasah Aliyah seperti merasakan emosi yang kurang stabil, adanyan iri ,sakit hati dan juga dampak yang dirasakan oleh remaja di dalam pengunaan facebook seperti yang terjadi di siswa yaitu tidak percaya diri, marah, kesal, takut dan biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kekerasan, remaja, facebook.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:43
Last Modified: 18 Aug 2020 04:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item