ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH „DAENG ANDIPATI‟ DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE MENGGUNAKAN TEORI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW SERTA KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Nurfatanah, Nurfatanah (2020) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH „DAENG ANDIPATI‟ DALAM NOVEL RINDU KARYA TERE LIYE MENGGUNAKAN TEORI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW SERTA KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Perumusan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah psikologi tokoh Daeng Andipati yang terdapat dalam Novel Rindu Karya Tere Liye berdasarkan perspektif Abraham Maslow? (2) Bagaimanakah hasil analisis psikologi tokoh Daeng Andipati yang terdapat pada Novel Rindu KaryaTere Liye berdasarkan perspektif Abraham Maslow terhadap pembelajaran sastra di SMA? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan psikologis tokoh Daeng Andipati dalam novel Rindu KaryaTere Liye berdasarkan teori humanistik Abraham Maslow serta menemukan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kutipan atau sdialog-dialog tokoh Daeng Andipati yang terdapat di dalam novel Rindu . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tokoh Daeng Andipati adalah seorang yang kreatif, cerdas, cerdik, bertanggung jawab, tidak mudah putus asa, memiliki solidaritas yang tinggi, sederhana, mandiri, penyabar, penyayang, serta bijaksana (2) hasil analisis psikologi tokoh Daeng Andipati berdasarkan kajian humanistik Abraham Maslow memiliki kaitan dengan pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis Psikologi, Tokoh Daeng Andipati, Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:57
Last Modified: 18 Aug 2020 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16661

Actions (login required)

View Item View Item