PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MIKRO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

LISHARTI, LISHARTI (2020) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MIKRO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berbicara adalah daya upaya seseorang untuk mengkomunikasikan ide, pikiran, ataupun perasaanya, memberitaukan suatu informasi kepada orang lain dengan menggunakan bunyi-bunyi artikulasi atau kata- kata secara lisan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu penerapan metode bermain peran mikro yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan tiga tahap pengembangan yang masing-masing penelitian terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun kelas B3 berjumlah 15 orang anak. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penerapan metode bermain peran mikro dilakukan dengan beberapa tahapan yakni, 1). Persiapan, guru menentukan tema, menyiapkan alat main, mengenalkan alat main, dan menata tempat kegiatan main. 2). Kegiatan Awal, guru menerangkan tehnik bermain, membuat aturan main, dan anak memilih peran yang telah di tentukan.3). Kegiatan Inti, anak bermain secara berkelompok, guru mengawasi anak, mengingatkan waktu main akan segera berakhir dan membereskan tempat main bersama anak. 4). Kegiatan akhir, anak menceritakan kembali pengalaman main, dan guru memberikan pujian kepada anak. Hasil penelitian penerapan metode bermain peran mikro menunjukan rata-rata kemampuan berbicara anak meningkat yaitu pada pengembangan I 53,78%, kemudian pada pengembangan II 71,89%, dan pengembangan III 88,78%. Kesimpulanya, bahwa penerapan metode bermain peran mikro dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Bermain Peran Mikro, Kemampuan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:58
Last Modified: 18 Aug 2020 04:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16666

Actions (login required)

View Item View Item