Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Lingkungan Untuk Pembelajaran Saintifik Pada Jenis Main Sensorimotor Guru PAUD Korban Gempa di Kecamatan Gunung Sari

Dian, Safitri (2019) Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Lingkungan Untuk Pembelajaran Saintifik Pada Jenis Main Sensorimotor Guru PAUD Korban Gempa di Kecamatan Gunung Sari. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya APE yang rusak ataupun hilang akibat dari gempa di Kecamatan Gunung Sari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model, bentuk-bentuk dan kelompok-kelompok APE yang dapat dikembangkan untuk pembelajaran saintifik pada jenis main sensorimotor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan atau action research. Populasi penelitian yaitu 240 guru PAUD di Kecamatan Gunung Sari. Sampel dipilih secara acak menggunakan teknik sampel probabilitas dengan mengambil 20% dari populasi yakni sebanyak 48 sampel responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengisian angket, FGD (Fokus Group Diskusi) dan dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah terbentuknya model pengembangan APE berbasis lingkungan dalam pembelajaran saintifik pada jenis main sensorimotor dapat dilakukan dengan empat model yakni identifikasi sumber bahan pembuatan APE, pengelompokkan bahan pembuatan APE, pengembangan APE berdasarkan bahan APE berbasis lingkungan, dan tercipta APE untuk pembelajaran saintifik pada jenis main sensorimotor. Terdapat 8 bentuk APE yang terdiri dari pohon huruf, botol huruf, tanaman bunga, sandal pelangi, bunga kertas, jam dinding, tutup botol ceria dan perahu. Terdapat 3 kelompok jenis main Taktil, 1 kelompok jenis main Vestibular, 3 kelompok Proprioseptif dan 1 kelompok Kinestetik. Kelompok APE juga dibagi menjadi 2 jenis yaitu organik dan anorganik. Guru diharapkan dapat lebih memanfaatkan lingkungan sekitar dalam pembuatan APE sehingga pembelajaran saintifik dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembelajaran Saintifik, APE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:58
Last Modified: 18 Aug 2020 04:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16673

Actions (login required)

View Item View Item