Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Finger Painting Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Islam Al-Qudsyyiah Pringgasela Tahun Pelajaran 2019/2020

MITHA, PURNAMA SARI (2020) Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Finger Painting Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Islam Al-Qudsyyiah Pringgasela Tahun Pelajaran 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan finger painting anak usia 5 - 6 tahun di TK Islam Al-Qudsyyiah Pringgasela tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5 - 6 tahun khususnya pada kelompok B2 yang berjumlah 16 orang diantaranya 10 laki-laki dan 6 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengembangan teknik dan langkah-langkah dalam proses kegiatan finger painting, yaitu: (1) meniru bentuk: garis mendatar, tegak, miring, dan lengkung dengan teknik titik-titik dan gores menggunakan 1 jari, 2 jari, dan 3 jari; (2) menggambar sesuai gagasannya: menggambar sesuai ide yang berkaitan dengan tema dengan teknik titik-titik, teknik gores, dan gabungan; (3) mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci: mengekspresikan diri dengan gerakan tangan, kata-kata, dan menceritakan hasil karya. Perolehan hasil tahap pengembangan I dengan persentase sebesar 37,59% kategori “Mulai Berkembang (MB)”, tahap pengembangan II sebesar 59,46% kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”, dan tahap pengembangan III sebesar 84,46% kategori “Berkembang Sangat Baik (BSB)”. Berdasarkan hasil persentase pada tiga tahap pengembangan terjadi peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan kegiatan finger painting dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5 - 6 tahun di TK Islam Al- Qudsyyiah Pringgasela.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Motorik Halus, Finger Painting
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:58
Last Modified: 18 Aug 2020 04:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16674

Actions (login required)

View Item View Item