PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN SEMPARU TAHUN AJARAN 2019/2020

HANIZATUSSOLIHAH, HANIZATUSSOLIHAH (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN SEMPARU TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Semparu Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan Quasi Experimen metode Nonequivalen Control Grup Dsigen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV gugus 1 Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non-probability judgement sampel sehingga siswa kelas IV SDN Semparu yang berjumlah 41 siswa terpilih sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan adata yang digunakan dalam penelitian ini, ialah tes hasil belajar IPA (pre-test dan post-test). Analisis data diawali dengan uji normalitas rumus Kolmogorov Smirnov data kelas eksperimen hasil KSh 0,218< dari KSt 0,294, dan data kelas kontrol dengan hasil KSh 0,181< dari KSt 0,287, yang bearti kedua data bedistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas dengan rumus Hartley F Max dengan hasil Fh 2,835< Ft 4,09yang berati data bersifat homogen. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t rumus Polled Varians dengan hasil th 4,215 > tt 2,022. Maka data dan hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Semparu Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:59
Last Modified: 18 Aug 2020 04:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16676

Actions (login required)

View Item View Item