MAHZIN, ALI AKBAR (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_Mahzin Ali Akbar_E1Q013026.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan alat laboratorium terhadap hasil belajar peserta didik SMA kelas X pada pokok bahasan pengukuran. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Pringgarata dengan jumlah 64 peserta didik, tehnik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas X IPA 2 sebagai kelas Kontrol sebanyak 20 siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing menggunakan alat laboratorium, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 30,10 dan 33,20 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,57 dan 75,60. Hasil tes akhir kedua kelas homogen dan data terdistribusi normal, data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh hasil thitung sebesar (4,12) lebih besar dari ttabel sebesar (2,02), sehingga
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Laboratorium |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 04:59 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 04:59 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16679 |
Actions (login required)
View Item |