PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN

MAHZIN, ALI AKBAR (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Mahzin Ali Akbar_E1Q013026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan alat laboratorium terhadap hasil belajar peserta didik SMA kelas X pada pokok bahasan pengukuran. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Postest Control Group. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA SMAN 1 Pringgarata dengan jumlah 64 peserta didik, tehnik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas X IPA 2 sebagai kelas Kontrol sebanyak 20 siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing menggunakan alat laboratorium, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 30,10 dan 33,20 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,57 dan 75,60. Hasil tes akhir kedua kelas homogen dan data terdistribusi normal, data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh hasil thitung sebesar (4,12) lebih besar dari ttabel sebesar (2,02), sehingga

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Laboratorium
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:59
Last Modified: 18 Aug 2020 04:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16679

Actions (login required)

View Item View Item