MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM BIDAYATUL HIDAYAH TAHUN AJARAN 2019/2020

YURI, SUSANTRY (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI KEGIATAN MENDONGENG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM BIDAYATUL HIDAYAH TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YURI SUSANTRY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan mendongeng yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bidayatul Hidayah Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskripftif. Subyek penelitian yang diambil adalah anak kelompok B1 usia 5-6 tahun. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan berupa observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemampuan menyimak anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan mendongeng dengan Langkah-langkah kegiatan: (1) mengatur tempat duduk anak. (2) memberi apersepsi. (3) memulai kegiatan mendongeng. (4) memberi judul cerita. (5) melakukan Tanya jawab. (6) memberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak anak sudah berkembang dengan baik, dilihat dari kemampuan anak menceritakan kembali isi cerita yang didengar, menirukan kalimat yang didengar, mengungkapkan pendapat sesuai dengan isi cerita yang didengar, anak dapat memberikan pesan dan kesan sederhana. Selain itu, anak dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan dari gurunya sesuai denga isi cerita yang disampaikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK Islam Bidayatul Hidayah Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Kemampuan menyimak, kegiatan mendongeng
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:29
Last Modified: 19 Aug 2020 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16688

Actions (login required)

View Item View Item