PERAN GURU PPKn DALAM INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMPN 1 LINGSAR

NOVA, GITASARI (2019) PERAN GURU PPKn DALAM INTERNALISASI NILAI KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMPN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Nova Gitasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Peran Guru PPKn dalam internalisasi nilai karakter disiplin siswa di SMPN 1 Lingsar (2) apa faktor pendukung dan penghambat peran guru PPKn dalam internalisasi nilai karakter disiplin siswa di SMPN 1 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Guru PPKn dalam internalisasi nilai karakter disiplin siswa di SMPN 1 Lingsar. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapa sisi, seperti: Pendidik (a) Guru menyiapkan Rancangan pembelajaran, (Perencanaan) (b) Guru PPKn menggunakan metode untuk memperhaatikan kedisiplinan (pelaksanaan pembelajaran) dan,(c) guru menggunakan lembar penilaian yang sudah disiapkan untuk menilai karakter disiplin (penilaian). Pembimbing (a) Kegiatan rutin guru kepada siswa mengecek kehadiran, pakaian, dan kerapian siswa dimana guru selalu mengecek setiap kegiatan siswa saat berada di kelas maupun di luar kelas. (b) Guru selalu di akhir pelajaran mengingatkan kepada siswa agar kelas selalu dalam keadaan bersih sebelum jam pulang. (2) apa faktor pendukung dan penghambat peran guru PPKn dalam internalisasi nilai karakter disiplin siswa di SMPN 1 Lingsar yaitu faktor pendukung (a) guru PPKn menyiapkan rancangan pembelajaran yang memuat nilai karakter siswa, serta guru PPKn memberikan contoh yang baik bagi siswa seperti selalu datang tepat waktu sebelum jam pelajaran di mulai sehingga itu menunjang ke disiplinan siswa. (b) guru-guru setiap pagi piket untuk menunjang kedisiplinan siswa. Sedangkan faktor penghambat (a) kurangnya bentuk perhatian orang tua terhadap anaknya karena sibuk bekerja, dan pada sebagian siswa dikarenakan mengalami broken home. Sedangkan faktor eksternal yaitu (b) Faktor pergaulan siswa seperti ketika ada siswa yang mengikuti temannya datang terlambat ataupun bolos sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Internalisasi nilai, Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:30
Last Modified: 19 Aug 2020 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16692

Actions (login required)

View Item View Item