DAMPAK PARIWISATA TERHADAP PERUBAHAN NILAI-NILAI MORAL MASYARAKAT (STUDI DI DESA KUTA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

Redya, Kurnianti Haydar (2019) DAMPAK PARIWISATA TERHADAP PERUBAHAN NILAI-NILAI MORAL MASYARAKAT (STUDI DI DESA KUTA KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Redya Kurnianti Haydar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) perubahan nilai-nilai moral masyarakat yang terjadi seiring berkembangnya pariwisata di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (2) bagaimana dampak pariwisata terhadap perubahan moral masyarakat di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah (3) upaya apa yang dipilih masyarakat di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah untuk mengatasi perubahan moral akibat perkembangan pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perubahan nilai-nilai moral yang terjadi pada masyarakat di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah seiring berkembangnya pariwisata cukup menghawatirkan. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapa sisi, seperti: (a) perubahan dari sisi agama (Nilai Religius), (b) perubahan dari sisi budaya (Nilai Tanggung Jawab) dan, (c) perubahan dari sisi interaksi sosial (Nilai Sosial). (2) terdapat beberapa dampak pariwisata terhadap perubahan moral masyarakat di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Dampak-dampak tersebut berupa: (a) perubahan dari cara memperlakukan orang tua, (b) cara memperlakukan sesama masyarakat, (c) cara berpenampilan dan bergaul, (d) kewajiban terhadap ajaran agama yang dianutnya, (e) tradisi, (f) peraturan desa. (3) upaya masyarakat di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dalam mengatasi perubahan nilai moral yang diakibatkan perkembangan pariwisata yaitu dengan mengadakan pengajian rutin yang diadakan dua minggu sekali, membuat aturan-aturan bersama untuk membatasi ruang gerak masyarakat dengan wisatawan asing.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pariwisata dan nilai moral
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:30
Last Modified: 19 Aug 2020 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16693

Actions (login required)

View Item View Item