PERILAKU KRIMINAL DI KALANGAN ANAK (Kasus Anak Pelaku Pencurian yang Direhabilitasi pada Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus “BRSAMPK” Paramita Mataram)

Srikandi, Hartinah (2019) PERILAKU KRIMINAL DI KALANGAN ANAK (Kasus Anak Pelaku Pencurian yang Direhabilitasi pada Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus “BRSAMPK” Paramita Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Perilaku Kriminal di Kalangan Anak: Kasus Anak Pelaku Pencurian yang Direhabilitasi Pada Balai Rehabilitasi Sosial Anak Yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Paramita Mataram” dilatarbelakangi oleh semakin maraknya kriminalitas yang dilakukan oleh anak khususnya kasus pencurian. Kriminalitas yang dilakukan oleh anak merupakan suatu masalah sosial yang merugikan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi anak melakukan tindakan kriminal pencurian dan upaya pembinaan Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Paramita Mataram terhadap anak yang melakukan tindakan kriminal pencurian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor yang melatarbelakangi anak melakukan pencurian ada dua faktor yaitu faktor internal yang meliputi kebiasaan, kontrol diri anak yang rendah, dan penyakit kleptomania. Faktor eksternal yaitu karena faktor ekonomi, lingkungan, pengaruh teman sebaya, faktor obat-obatan terlarang dan adanya kesempatan untuk mencuri. (2) Upaya pembinaan yang diberikan Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Paramita Mataram untuk anak pelaku pencurian dalam rangka mengurangi atau mengeliminasi sifat anak untuk melakukan pencurian meliputi bimbingan fisik, bimbingan psikologi mental kejiwaan, bimbingan sosial, bimbingan spiritual dan bimbingan vokasional atau keterampilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : perilaku kriminal, anak pelaku pencurian, rehabilitasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:30
Last Modified: 19 Aug 2020 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16694

Actions (login required)

View Item View Item