Strategi Perempuan Single Parent Pasca Perceraian Di Usia Muda (Studi Kasus Perempuan Single Parent Desa Pijot, Lombok Timur)

MEIDIKA, CITRA SAFITRI (2019) Strategi Perempuan Single Parent Pasca Perceraian Di Usia Muda (Studi Kasus Perempuan Single Parent Desa Pijot, Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Strategi Perempuan Single Parent Pasca Perceraian di Usia Muda” bertujuan untuk mengetahui strategi perempuan single parent pasca perceraian di usia muda dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi dan pemenuhan peran domestik rumah tangga. Penelitian ini dilakukan di Desa Pijot, Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan teori AGIL dari Talcott Parsons dan tiga strategi bertahan hidup yaitu strategi aktif, strategi pasif, dan strategi jaringan. Teknik penentuan informan dalam penelitian yang dilakukan ini menggunakan snowball sampling. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik dan alat pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lima dari sembilan informan memiliki pekerjaan setelah bercerai dengan suaminya dan empat lainnya belum bekerja. Perempuan single parent di Desa Pijot selain berusaha untuk memenuhi kebutuhan ekonomi juga kebutuhan reproduksi, religius, sosialisasi, proteksi, penentuan status, afeksi, pendidikan, dan rekreasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran agar pemerintah dapat memberikan bantuan finansial dan lapangan pekerjaan juga untuk para perempuan single parent yang masih belum memiliki pekerjaan supaya bisa bekerja dan memenuhi kebutuhannya sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Strategi, Perceraian, Single Parent.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:30
Last Modified: 19 Aug 2020 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16695

Actions (login required)

View Item View Item