PERILAKU PEREMPUAN PESERTA PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) TERHADAP DIVERSIFIKASI PANGAN RUMAH TANGGA DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Dani, Damara (2019) PERILAKU PEREMPUAN PESERTA PROGRAM KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) TERHADAP DIVERSIFIKASI PANGAN RUMAH TANGGA DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi dani 202.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perilaku perempuan peserta kawasan rumah pangan lestari terhadap diversifikasi pangan rumah tangga di kecamatan aikmel; (2) mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku perempuan peserta program KRPL terhadap diversifikasi pangan rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis perempuan peserta program kawasan rumah pangan lestari. Penentuan daerah sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu di kecamatan Aikmel yaitu di Desa Kembang Kerang Daye, Lenek Duren dan Kali Bambang Kecamatan Aikmel. Penentuan jumlah responden dengan metode random sampling yaitu sebanyak 45 responden yang berada pada tiga desa. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Variabel pada penelitian ini adalah perempuan peserta program kawasan rumah pangan lestari. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Perilaku perempuan peserta program KRPL berada pada kategori tinggi dengan jumlah modus skor 23, yaitu pada aspek pengetahan memiliki modus skor 8 yang termasuk pada kategori tinggi, begitupun pada aspek sikap memiliki sikap tinggi dengan modus skor 8, pada aspek keterampilan terhadap diversifikasi pangan juga berada pada kategori tinggi dengan modus skor 7; (2) faktor-faktor karakteristik seperti umur, pendapatan, jumlah tanggungan, tingkat pendidikan, pola hubungan, dan keterdedahan terhadap media tidak mempengaruhi perilaku perempuan peserta program KRPL terhadap diversifikasi pangan rumah tangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perilaku, perempuan, KRPL, Diversifikasi Pangan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:08
Last Modified: 24 Aug 2020 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16700

Actions (login required)

View Item View Item