UPAYA PANTI SOSIAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK ASUH (Studi di Panti Sosial Asuhan Anak Generasi Harapan Mataram)

NURUL, MARDIAHAYATI NURUL MARDIAHAYATI NURUL MARDIAHAYATI (2019) UPAYA PANTI SOSIAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK ASUH (Studi di Panti Sosial Asuhan Anak Generasi Harapan Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURUL MARDIAHAYATI (E1B115054).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bagaimana upaya panti sosial dalam membina karakter anak asuh dan faktor yang mempengaruhi pembinaan karakter di Panti Sosial Asuhan Anak Generasi Harapan Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Temuan dalam penelitian yaitu : 1) PSAA Generasi Harapan Mataram melakukan upaya pembinaan karakter disiplin, meliputi kegiatan : bangun pagi tepat waktu, membersihkan tempat tidur, mencuci pakaian dan mengerjakan piket, 2) Upaya pembinaan karakter religius, meliputi kegiatan : sholat berjamaah, membaca Al- Qur’an dan mendengarkan ceramah, 3) Upaya pembinaan karakter mandiri, meliputi kegiatan : menjahit, otomotif, dan tata boga (produksi makanan), 4) Faktor internal yang menjadi pendukung upaya pembinaan karakter, meliputi: a) adanya sarana dan prasarana yang memadai, b) adanya pengasuh yang mampu memberikan contoh teladan dalam bersikap dan berperilaku, sedangkan faktor eksternal pendukung yaitu adanya dukungan dari pihak sekolah, 5) Faktor penghambat upaya pembinaan karakter di PSAA Generasi Harapan Mataram, meliputi: a) kepribadian anak yang sulit diatur, b) kurangnya kesadaran anak, c) kurangnya dukungan pihak keluarga, d) terbatasnya waktu dikarenakan padatnya kegiatan anak asuh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Upaya Membina Karakter, Anak Asuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:09
Last Modified: 24 Aug 2020 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16704

Actions (login required)

View Item View Item