EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI DIMENSI TIGA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Robi’atul, Adawiyyah (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI DIMENSI TIGA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik terhadap aktivitas belajar matematika materi dimensi tiga pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019, dan untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika materi dimensi tiga pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 mataram pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subyek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI khususnya kelas XI UPW. Data aktivitas siswa diperoleh menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu pretest dan posttest dalam bentuk soal uraian. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada pembelajaran I sebesar 7,55 sedangkan pada pembelajaran II sebesar 6,85. Sehingga diperoleh rata-rata skor aktivitas siswa sebesar 7,2. Setelah dianalisis aktivitas siswa termasuk dalam kriteria cukup aktif. Sedangkan hasil belajar siswa pada data pretest dan posttest mengalami peningkatan rata-rata yaitu dari 23,04 menjadi 59,48. Begitupun dengan ketuntasan klasikal hasil belajar yang awalnya 0% pada data pretest menjadi 34,78% pada data posttest. Setelah dilakukan uji perbedaan rata-rata menggunakan t-test, ternyata nilai rata-rata pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Sehingga berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) Pendekatan saintifik efektif terhadap aktivitas belajar matematika materi dimensi tiga pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 mataram tahun pelajaran 2018/2019, dan 2) Pendekatan saintifik efektif terhadap hasil belajar matematika materi dimensi tiga pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 mataram tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Efektivitas, Pendekatan Saintifik, Aktivitas, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:09
Last Modified: 24 Aug 2020 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16706

Actions (login required)

View Item View Item