PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

MADE SANTHI PUTRI DEWI, NI (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Mataram Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 352 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII C sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan angket respon siswa. Adapun analisis data yang dilakukan adalah analisis validitas isi, analisis respon siswa, analisis reliabilitas instrumen tes, analisis tingkat kesukaran instrumen tes, analisis daya pembeda instrumen tes dan analisis data hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh validitas instrumen tes dan angket respon siswa dinyatakan valid dengan rata-rata skor CVR (Content Validity Ratio) dan CVI (Content Validity Index) sebesar 1 dengan kategori sangat baik, rata-rata respon positif siswa sebesar 100% pada tahap one-to-one dan rata-rata respon positif siswa sebesar 88,10% pada tahap small group dengan penafsiran bahwa seluruh siswa merespon positif, reliabilitas instrumen tes sebesar 0,71 dengan kategori reliabilitas tinggi, rata-rata tingkat kesukaran instrumen tes sebesar 0,49 dengan kategori sedang, rata-rata daya pembeda instrumen tes sebesar 0,50 dengan kategori cukup dan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VIII C sebesar 49,80 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Matematika, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:14
Last Modified: 24 Aug 2020 04:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16714

Actions (login required)

View Item View Item