PEMBERIAN REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI (Penelitian Kualitatif di PAUD Samara Tahun 2019)

Husnul, Khotimah (2019) PEMBERIAN REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI (Penelitian Kualitatif di PAUD Samara Tahun 2019). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
husnul khotimah (E1F015010).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum dikajinya secara ilmiah mengenai pemberian reinforcement di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberian reinforcement dalam meningkatkan perkembangan moral anak usia dini. Datanya diperoleh melalui wawancara bebas, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui kepala sekolah, guru kelas yang berfungsi sebagai informan dan 2 orang anak yang berfungsi sebagai responden. Semua data dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan logika induksi. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain : Dalam pembelajaran aspek perkembangan moral tersebut, ada beberapa pemberian penguatan (reinforcement) yang dilakukan oleh pendidik/ guru di PAUD Samara lain yaitu: penggunaan positive reinforcement dan Penggunaan negative reinforcement. Pembelajaran aspek perkembangan moral di PAUD Samara di lakukan melalui seluruh kegiatan yang ada di PAUD Samara, antara lain melalui: pembiasaan, menyanyikan lagu, meneriakkan yel-yel pesan moral, cerita, dan lain sebagainya. Dampak yang terjadi setelah diberikan reinforcement pada anak adalah: pada penguatan positif antara lain: anak menjadi senang, bergairah mengikuti pelajaran. Sedangkan pada penguatan negatif antara lain: tidak mengulangi perbuatan yang kurang baik. Pemberian reinforcement dapat meningkatkan perkembangan moral anak usia dini karena setelah diberikan reinforcement anak yang memiliki perkembangan moral yang baik semakin meningkat perkembangan moralnya sedangkan anak yang memiliki perkembangan moral yang kurang sedikit demi sedikit mengalami perkembangan yang positif dari waktu ke waktu setelah diberikan reinforcement negatif secara terus menerus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Pemberian Reinforcement, Perkembangan Moral Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:16
Last Modified: 24 Aug 2020 04:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item View Item