DAMPAK PENERAPAN METODE EKSPERIMEN KOLABORASI DENGAN TEAM PRODUCT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 3 SESELA TAHUN AJARAN 2018/2019

RIA, SEFTIANA RIFAYANTI (2019) DAMPAK PENERAPAN METODE EKSPERIMEN KOLABORASI DENGAN TEAM PRODUCT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SDN 3 SESELA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan metode atau media pembelajaran, sehingga siswa memandang belajar itu sangat membosankan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan adakah dampak penerapan metode Eksperimen kolaborasi dengan Team Product terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 3 Sesela tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimen desains. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V di SDN 3 Sesela yang berjumlah 42 siswa, sampel penelitian ini dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 21 dan kelas VB berjumlah 21. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Data hasil belajar posttest dianalisis menggunakan uji t test bentuk polled varians dan uji N-Gain untuk mengetahui perbedaan perlakuan kedua kelompok secara signifikan. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik dapat diperoleh hasil thitung sebesar 2,699 > ttabel sebesar 2,021 (uji dua pihak) pada taraf signifikasi 5% , yang berarti ada perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran IPA siswa kelas V di SDN 3 Sesela tahun pelajaran 2018/2019. Dengan perbedaan sebesar 8,45 (71,02-62,57). Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 3 Sesela tahun ajaran 2018/2019 yang ditandai dengan rata-rata <g> kelas eksperimen sebesar 0,451 kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,206 kategori rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya dampak penerapan metode Eksperimen kolaborasi dengan Team Product terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN 3 Sesela tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Metode Eksperimen kolaborasi dengan Team Product, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:24
Last Modified: 25 Aug 2020 02:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16725

Actions (login required)

View Item View Item