PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI KOLABORASI DENGAN MEDIA BALOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 5 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RIMADHANI, ENDAH PERWITA (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI KOLABORASI DENGAN MEDIA BALOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 5 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya keaktifan siswa dan kemampuan memilih metode dan media pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah ada pengaruh penerapan metode demontrasi kolaborasi dengan media balok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 5 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan desain nonequivalen control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa SDN 5 Ampenan yang berjumlah 603 siswa, dan sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yaitu kelas VA dan VB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data posttest dalam penelitian ini menggunakan uji t test bentuk polled varians untuk mengetahui apakah ada pengaruh perlakuan pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik dapat diperoleh hasil thitungsebesar 6,972>ttabelsebesar 2,005 (uji dua pihak interpolasi) pada taraf signifikansi 5%, hasil tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh penerapan metode demonstrasi kolaborasi dengan media balok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 5 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Metode Demonstrasi Kolaborasi Dengan Media Balok Pecahan. Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:25
Last Modified: 25 Aug 2020 02:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16726

Actions (login required)

View Item View Item