AHMAD, ZUHDI JAELANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI AHMAD ZUHDI JAELANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain post-test only non-equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan VIII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (post test) pada materi pola bilangan. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 02:25 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 02:25 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16728 |
Actions (login required)
View Item |