PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

MUADDATUL, ALAWIAH (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis Assessment for Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMPN 11 Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Dalam menentukan sampel digunakan teknik probability sampling dengan jenis cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak tiga kelas, yaitu kelas eskperimen yang diberi perlakuan Group Investigation berbasis Assessment for Learning dan Group Investigation untuk kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur sel tak sama. Sebelum uji analisis dilakukan, harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Berdasarkan hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation berbasis Assessment for Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Group Investigation, Assessment for Learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:34
Last Modified: 25 Aug 2020 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16733

Actions (login required)

View Item View Item