PENERAPAN PENDEKATAN CONEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 PRINGGASELA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MAHARDIKA SUKRON HIDAYAT, L. (2019) PENERAPAN PENDEKATAN CONEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 PRINGGASELA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER SKRIPSI DLL SEBELUM SIDANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII-A SMP Negeri 2 Pringgasela tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam menjalankan CTL harus memunculkan tujuh komponen yakni, konstruktivisme, inquiri (penemuan), reflection (refleksi), bertanya, masyarakat belajar, pemodelan (modelling), refleksi (reflection) dan assessment authentic (penilaian autentik). Hasil peelitian pada siklus I diperoleh nilai rata - rata sebesar 73,23 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40 serta ketuntasan klasikal sebesar 64,71%. Hal ini menunjukkan prestasi belajar siswa belum mampu mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan. Sehingga dilanjutkan ke siklus II dimana hasil yang diperoleh menunjukkan nilai rata - rata skor aktivitas belajar sebesar 13,6 berkategori sangat aktif dan hasil observasi aktivitas guru sebesar 17,5 berkategori sangat aktif. Secara simultan terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil ini penelitian dihentikan, karena diperoleh data yang cukup untuk mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Pringgasela pada materi sistem persamaan linier dua variabel tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, penelitian tindakan kelas, contextual teaching and learning (CTL).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:38
Last Modified: 27 Aug 2020 02:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16740

Actions (login required)

View Item View Item