PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS TIMSS DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK SISWA SMP NEGERI DI KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

YULINDA, ADELIA (2019) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS TIMSS DENGAN KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK SISWA SMP NEGERI DI KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULINDA ADELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan seperangkat soal matematika dengan konteks permainan tradisional pada siswa SMP Negeri di Kota Mataram Tahun Ajaran 2019/2020 yang memenuhi kriteria TIMSS. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IX B SMPN 1 Mataram sebanyak 36 siswa, kelas IX E SMPN 6 Mataram sebanyak 36 siswa, dan kelas IX B SMPN 23 Mataram sebanyak 20 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang terdiri dari dua tahapan utama yaitu tahap preliminary (tahap persiapan dan pendesainan soal) dan tahap formulative evaluation (expert review, one-to-one, small group, dan field test). Hasil penelitian ini adalah soal matematika berbasis TIMSS pada domain penalaran menggunakan konteks permainan tradisional sebanyak 5 butir soal yang terdiri dari 1 soal dengan konten aljabar, 2 soal dengan konten bilangan, dan 2 soal dengan konten geometri. Soal yang dikembangkan sudah memenuhi tiga kriteria soal yang baik yaitu valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Valid diperoleh dari hasil penilaian validator, dimana semua validator menyatakan sudah baik berdasarkan konten, konstruk, dan bahasa. Praktis diperoleh dari hasil uji coba small group ketika siswa mengerjakan soal. Soal sudah sesuai dengan alur pikiran siswa, konteks yang diberikan sudah diketahui, dan soal mudah dibaca serta tidak menimbulkan penafsiran yang beragam. Soal yang dikembangkan tersebut juga memiliki efek potensial yaitu mampu menarik minat, motivasi, dan keseriusan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Soal yang dikembangkan memiliki reliabilitas yang sangat tinggi (0,89), tingkat kesukaran yang sedang (0,53), dan daya pembeda yang baik (0,57).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Soal Berbasis TIMSS, Matematika, Konteks Permainan Tradisional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:39
Last Modified: 27 Aug 2020 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16747

Actions (login required)

View Item View Item