PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRI KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020

MUAWIYAH, FADHILAH AZMI (2019) PENGARUH PERSEPSI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI MA DAKWAH ISLAMIYAH PUTRI KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Untitled.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pembelajaran dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar pada siswa kelas XI MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam menentukan sampel digunakan teknik proportionate stratified random sampling. Dengan populasi pada penelitian ini sebanyak 189 siswa kelas XI MA Dakwah Islamiah Putri Kediri dan jumlah sampel penelitian 69 siswa. Data dari hasil penelitian ini diperoleh melalui angket persepsi pembelajaran dan minat belajar siswa serta melalui tes soal matematika yang terlebih dahulu diuji coba terhadap 30 orang anggota populasi yang bukan sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda. Dari hasil analisis data yang diperoleh, terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai Fhitung = 3,997 > Ftabel = 3,134. Persamaan regresinya yaitu ̂ . Persamaan regresi ini menunjukkan apabila variabel persepsi pembelajaran dan minat belajar siswa mengalami kenaikan 1 poin maka nilai hasil belajar siswa akan mengalami penurunan 0,170 dari persepsi pembelajaran mengalami kenaikan 0,498 dari minat belajar siswa dan ditambah 40,596 dari faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : persepsi pembelajaran, minat belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:39
Last Modified: 27 Aug 2020 02:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16800

Actions (login required)

View Item View Item