KESALAHAN SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NW NARMADA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI MATRIKS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RUS, ZUNIATI SHOLIHAH (2019) KESALAHAN SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NW NARMADA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI MATRIKS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dan mengetahui faktor yang menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan pada kelas XI IPS 1 SMA NW Narmada tahun pelajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal matematika pada materi matriks berdasarkan teori Polya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara kemudian dianalisis berdasarkan pedoman analisis kesalahan menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa terjadi pada semua tahapan yang dikemukakan oleh polya tahap memahami masalah dengan presentasi 52,65% dan nilai rata-rata 6,3 dengan kategori Sedang, tahap menyusun rencana dengan presentasi 71,59% dan nilai rata-rata 9,8 dengan kategori tinggi, tahap melaksanakan rencana dengan presentasi 68,18% dan nilai 6,1 pada kategori sedang dan tahap mengecek kembali dengan presentasi 84,09% dan nilai rata-rata 8,8 dengan kategori tinggi sedangkan analisis kesalahan siswa yang berkemampuan tinggi dengan total skor 255 dengan rata-rata nilai 31,875 yaitu berkategori kesalahan tinggi, siswa yang berkemampuan sedang dengan total skor 397 dengan rata-rata nilai 33,0833 yaitu berkategori kesalahan tinggi, siswa yang berkemampuan rendah dengan total skor 78 dengan rata-rata nilai 39 yaitu berkategori kesalahan tinggi. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan Faktor internal terjadi pada siswa itu sendiri, tepatnya yaitu seperti siswa lupa, bingung , Siswa tergesa-gesa dan kurang teliti dalam menuliskan hasil pekerjaannya, siswa kurang memahami langkah-langkah yang digunakan dan siswa tidak terbiasa dalam memeriksa kembali hasil pekerjaannya. Faktor eksternal ini faktor yang terjadi dari luar siswa seperti dari hasil wawancara pada siswa dipengaruhi oleh teman sebangkunya seperti diajak mengobrol ataupun jaili temen yang sedang memperhatikan, sehingga siswa tersebut tidak fokus dan ikut terpengaruh dari temennya, sehingga proses belajar siswa dan pencapaian suatu mata pelajaran matematika tidak maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: AnalisisKesalahan, Matriks, TeoriPolya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:40
Last Modified: 27 Aug 2020 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16801

Actions (login required)

View Item View Item