KORELASI LITERASI BACA-TULIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

INDAH, DIA MARYANI (2019) KORELASI LITERASI BACA-TULIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH DIA MARYANI (E1E015044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi literasi baca-tulis dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 32 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 32 Cakranegara yang berjumlah 61 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor literasi baca-tulis adalah 18,29 (cukup baik). Sedangkan skor keterampilan menulis karangan narasi siswa adalah 73,19 (cukup terampil). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat korelasi antara literasi baca-tulis dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 32 Cakranegara tahun pelajaran 2019/2020 yang ditunjukkan dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai pearson correlation yaitu sebesar 0,839 sehingga berada pada tingkat hubungan sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa semakin baik tingkat literasi baca-tulis pada siswa semakin baik pula keterampilan menulis karangan narasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Literasi Baca-Tulis, Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:40
Last Modified: 27 Aug 2020 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item