PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

LENI, WIDIA NINGSIH (2019) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX LENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metodetutor sebaya terhadaphasil belajar matematika sisiwa kelas IV SDN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020.Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen design tipe nonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari dua kelas yakni kelas IV/A dan IV/B.Teknik sampling penelitian ini adalahsampel jenuh..Metode pengumpulan datanya adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukandengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesismenggunakan rumus t-testpolled varians. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika pada kelas eksperimen sebesar 76 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 51 jadi kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menghasilkan sedangkan , dengan kata lain, . Berdasarkan kriteria pengujian yakni jika , maka H0 ditolak dan Ha diterima.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 16 Mataram tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: metode tutor sebaya, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:40
Last Modified: 27 Aug 2020 02:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16803

Actions (login required)

View Item View Item