EFEK PEMBERIAN AIR GULA MERAH DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA PADA DOC DAN PERFORMAN PRODUKSINYA SETELAH DIPELIHARA SELAMA 4 MINGGU

Era, Reformasianti (2020) EFEK PEMBERIAN AIR GULA MERAH DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA PADA DOC DAN PERFORMAN PRODUKSINYA SETELAH DIPELIHARA SELAMA 4 MINGGU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performan broiler yang diberi gula merah pada air minum untuk day old chicks (DOC)terhadapkonsumsi pakan, bobot badan, konversi pakan dan mortalitas sampai umur 4 minggu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Juni 2020 bertempat di Desa Moncongloe, Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Seratus delapan puluh ekor DOC broiler betina strain Cobb 500 dibagi berdasarkan rancangan acak lengkap dengan 4 konsentrasi air gula merah (0, 5, 10 dan 15%) diberikan selama 6 hari pasca masuk kandang, secara adlibitum selama 6 jam dan diulang 3 kali setiap perlakuan. Pakan starter komersial diberikan selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian air gula merah dengan konsentrasi berbeda berpengaruh tidak nyata (p>0,05) terhadap konsumsi pakan, bobot badan dan efisiensi penggunaan pakan pada umur 4 minggu. Mortalitas tidak dipengaruhi oleh perlakuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: air gula merah, konsumsi pakan, bobot badan, ayam broiler
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:41
Last Modified: 27 Aug 2020 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16804

Actions (login required)

View Item View Item