EFEKTIVITAS KEGIATAN RESES DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR PERIODE 2019-2024 (STUDI DI DAERAH PEMILIHAN III)

INDAH, AMALIA (2020) EFEKTIVITAS KEGIATAN RESES DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR PERIODE 2019-2024 (STUDI DI DAERAH PEMILIHAN III). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDAH AMALIA fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan kegiatan reses DPRD Kabupaten Lombok Timur Periode 2019-2024 yang belum terlaksana dengan sepenuhnya sesuai dengan yang diamanatkan undang-undang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Kegiatan Reses DPRD Kabupaten Lombok Timur Periode 2019- 2024. Penelitian ini adalah penelitian empiris Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, dokumentasi, observasi. Kriteria efektivitas hukum menurut Soedjono Soekanto meliputi : Faktor hukum itu sendiri, faktor penegak hukum, faktor sarana dan fasilitas, faktor masyarakat, faktor kebudayaan. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai Efektivitas Kegiatan Reses DPRD Kabupaten Lombok Timur Periode 2019-2024 (studi di daerah pemilihan III) dalam pelaksanaannya cukup efektif. Faktor penghambat kegiatan reses yaitu pengetahuan masyarakat yang masih kurang terkait pelaksanaan reses, partisipasi konstituen minim,kurangnya transparansi terkait tindaklanjut hasil reses. Kemudian faktor pendukungnya adalah dana reses itu sendiri dan pengaruh latar belakang partai, anggota dewan di daerah pemilihan III melaksanakan kegiatan reses sesuai dengan tahapan-tahapan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Efektivitas, Reses DPRD.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:42
Last Modified: 27 Aug 2020 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16806

Actions (login required)

View Item View Item