Program Zero Waste Zul-Rohmi Dalam Bingkai Media (Analisis Framing Program Zero Waste Periode Satu Tahun Zul-Rohmi di SuaraNTB.com dan Koranntb.com)

Dedi, Kurniawan (2020) Program Zero Waste Zul-Rohmi Dalam Bingkai Media (Analisis Framing Program Zero Waste Periode Satu Tahun Zul-Rohmi di SuaraNTB.com dan Koranntb.com). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DEDI KURNIAWAN - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi semakin berkembang dari hari ke hari.salah satunya adalah lahirnya new media seperti situs berita online. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat akan informasi sebagai bagian dari gaya hidup. Setiap media memiliki gaya masing-masing dalam penulisan beritanya, mengingat bahwa media bukanlah saluran yang bebas tetapi telah mengkonstruksi berita sedemikian rupa. Sebuah peristiwa yang sama dapat diperlakukan secara berbeda oleh media. Ada peristiwa yang diberitakan, ada yang tidak diberitakan, ada aspek yang ditonjolkan ada aspek yang dihilangkan. Semua ini mengarah kesebuah konsep yang disebut framing. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan oleh situs berita online SuaraNTB.com dan Koranntb.com dalam memberitakan program zero waste pada satu tahun Zul-Rohmi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakaukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis framing model Pan dan Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing berita SuaraNTB.com dan Koranntb.com memperlihatkan perbedaan pemberitaan tentang program zero waste pada periode satu tahun Zul-Rohmi yang dimuat oleh kedua media online tersebut. Pada SuaraNTB.com program zero waste mengalami perkembangan yang sangat signifikan dan dianggap berhasil dan dapat diterima oleh masyarakat, sedangkan pada Koranntb.com program zero waste digambarkkan masih banyak persoalan dan mendapatkan banyak kritikan dari DPRD dan masyarakat pada periode satu tahun kepemimpinan Zul-Rohmi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Analisis Framing, Program zero waste, dan Zul-Rohmi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:49
Last Modified: 27 Aug 2020 02:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16818

Actions (login required)

View Item View Item