PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS V SDN GUGUS 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

DEWA, AYU PUTRI ANDINI (2020) PENGARUH METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS V SDN GUGUS 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peta konsep terhadap hasil belajar muatan IPS kelas V SDN Gugus 4 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan IPS di sekolah karena kurang aktifnya siswa pada saat proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode peta konsep pada proses pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September Tahun 2019 di SDN 41 Mataram dan SDN 28 Mataram. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 145 siswa yang dalam satu gugusnya terdiri dari 4 sekolah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 41 Mataram sebagai kelas eksperimen dan SDN 28 Mataram sebagai kelas kontrol sehingga total sampel adalah 70 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi. Dalam Pengujian instrumen peneliti menggunakan uji validitas ahli dan lapangan, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesukaran. Metode analisis data dilakukan dengan uji t-tes sebagai uji prasyarat yaitu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas data. Setelah melakukan analisis data maka diperoleh nilai thitung > ttabel atau 2,533 > 1,667 pada taraf signifikan 5%. Hal itu menandakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil perhitungan Effect Size diperoleh data sebesar 0,46 dengan klasifikasi sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode peta konsep terhadap hasil belajar muatan IPS kelas V SDN Gugus 4 Mataram Tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-Kata Kunci: Metode Peta Konsep, Hasil Belajar Muatan IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:45
Last Modified: 27 Aug 2020 02:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16828

Actions (login required)

View Item View Item