PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG DAUN LAMTORO (Leucaena leucocephala) PADA PAKAN TERHADAP PRODUKSI TELUR AYAM RAS PETELUR

IBNUL, AROBI (2019) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG DAUN LAMTORO (Leucaena leucocephala) PADA PAKAN TERHADAP PRODUKSI TELUR AYAM RAS PETELUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL IBNUL AROBI (B1D 015 098).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung daun lamtoro (TDL) pada pakan terhadap produksi ayam ras petelur. Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Apitaik Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian menggunakan ayam ras petelur umur 32 minggu sebanyak 60 ekor berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan terdiri dari 3 ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 5 ekor ayam. Perlakuan yang diberikan antara lain P0 (kontrol); P1 (2% TDL); P2 (4% TDL) dan P3 (6% TDL). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemberian TDL memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap konsumsi pakan dan berat telur, namun tidak memberikan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap hen day production (HDP) dan konversi pakan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberian TDL dapat diaplikasikan hingga level 6%, dimana pada level 6% memiliki konsumsi pakan paling rendah namun memiliki HDP, berat telur, dan konversi pakan paling baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Ayam ras petelur, tepung daun lamtoro, konsumsi pakan, produksi telur, berat telur, dan konversi pakan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:46
Last Modified: 27 Aug 2020 02:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16832

Actions (login required)

View Item View Item