ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hafizah, Juzzaini (2019) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan narasi siswa kelas V SDN 10 Mataram tahun 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 10 Mataram sebanyak 28 siswa melalui karangan narasi yang dibuatnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, dan tes. Data yang dianalisis dengan analisis data interaktif. Hasil dari analisis kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan narasi siswa menunjukkan tingkat kesalahan siswa pada aspek kesalahan huruf kapital memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,2% dengan kategori tinggi. Kemudian, pada aspek kesalahan tanda baca menunjukkan tingkat aspek kesalahan tanda baca memperoleh persentase rata-rata sebesar 72,2% dengan kategori cukup, dan jenis kesalahan yang ditemukan pada karangan narasi siswa, yaitu kesalahan tanda baca titik (.), kesalahan tanda baca koma (,), kesalahan tanda baca hubung (-), kesalahan tanda baca kurung ((...)), dan kesalahan tanda baca petik (“...”).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: karangan narasi, huruf kapital, dan tanda baca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:46
Last Modified: 27 Aug 2020 02:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item