PERMASALAHAN YANG DIHADAPI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN PPKn (STUDI DESKRIPTIF di SMPN 2 SELONG)

WAHYU, KHARISMAWAN (2019) PERMASALAHAN YANG DIHADAPI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN PPKn (STUDI DESKRIPTIF di SMPN 2 SELONG). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) permasalahan yang dihadapi guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Selong dan (2) faktor penyebab terjadinya permasalahan yang dihadapi guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Selong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan dalam penelitian ini yaitu: pertama permasalahan yang dihadapi guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PPKn yaitu: (a) ketersediaan sarana dan prasarana yang belum benar-benar terpenuhi, (b) kemampuan siswa yang tidak sama rata, perbedaan daya serap oleh siswa membuat guru harus mengulang-ulang materi atau penjelasan terhadap sesuatu saat proses pembelajaran berlangsung. Kedua Faktor penyebab terjadinya permasalahan yang dihadapi guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Selong, yaitu: (a) Minimnya kemampuan personal guru dalam mengadakan alat praga atau alat praktek mengajar, (b) Kompetensi guru yang dimiliki belum maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Permasalahan yang dihadapi Guru, Pembelajaran Inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:45
Last Modified: 27 Aug 2020 02:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16836

Actions (login required)

View Item View Item